Tuesday, May 19, 2020

Recipe: Perfect Irish Soda Bread - Roti Irlandia (simpel, tanpa ragi)

Irish Soda Bread - Roti Irlandia (simpel, tanpa ragi).

Irish Soda Bread - Roti Irlandia (simpel, tanpa ragi) You can have Irish Soda Bread - Roti Irlandia (simpel, tanpa ragi) using 5 ingredients and 7 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Irish Soda Bread - Roti Irlandia (simpel, tanpa ragi)

  1. You need 250 g of tepung terigu.
  2. It's 250 ml of butter milk.
  3. It's 1/2 sdt of garam.
  4. It's 1/2 sdt of baking soda.
  5. It's 30 g of buah kering (mis: kismis) kalau suka.

Irish Soda Bread - Roti Irlandia (simpel, tanpa ragi) step by step

  1. Pertama-tama siapkan butter milk. Berhubung saya ga punya butter milk, jadi saya bikin sendiri. Caranya campur 2 sdm air perasan jeruk lemon dengan susu cair (kalau bisa) low fat (kandungan lemak sekitar 1,5%). Aduk/kocok sebentar biar tercampur rata. Sementara menunggu butter milk jadi, siapkan oven dengan panas atas dan bawah, temperatur 220 °C..
  2. Campur rata terigu, baking soda dan garam..
  3. Kocok butter milk hingga creamy dengan whisker..
  4. Tuang perlahan kocokan butter milk ke campuran tepung sambil diuleni pakai garpu (jangan pakai tangan atau whisker, karena adonannya lengket) hingga kalis. Bisa jadi ga semua butter milk terpakai. Tambahkan buah kering sesuai selera..
  5. Ambil kira-kira sekepal adonan dan letakkan di loyang yang telh dialasi kertas roti. Kurleb. jadinya 5 kepalan adonan. Panggang di oven bagian tengah kira-kira 15 menit..
  6. Setelah 15 menit, keluarkan sebentar dan iris silang sekitar 1 cm bagian tengahnya (Tips: basahkan pisau dengan air sebelum mengiris, supaya adonan ga nempel di pisau), kemudian panggang lagi dengan temperatur 190 °C sekitar 20-25 menit..
  7. Matikan oven. Angkat dan biarkan agak mendingin. Roti Irlandia yang enak adalah roti yang hangat dan renyah luarnya, tapi lembut dalamnya👌🏼. Saya paling suka dengar bunyi "kres"nya pada saat meremas irish bread hangat yang fresh from the oven😙. Enak dinikmati dengan olesan selai buah, nutella atau keju😋. Irish Bread yang polos tanpa kismis saya olah lagi jadi Bruschetta (lihat resep saya tentang Bruschetta 😉)..

No comments:

Post a Comment

Recipe: Tasty Korean Cream Cheese Garlic Bread

Korean Cream Cheese Garlic Bread . It looks so good that I knew I had to recreate it the I decided to make the bread from scratch inst...